MUSIKOTERAPI KARYA JUNIRULLAH

Sinopsis
Musikoterapi berasal dari kata musiko yang artinya ahli musik sedangkan Terapi artinya usaha untuk memulihkan atau menyembuhkan kesehatan orang sakit. Berarti usaha untuk memulihkan atau menyembuhkan kesehatan orang sakit yang di dilakukan oleh ahli musik disebut juga dengan salah satu karya seni MUSIKOTERAPI.
Latar Belakang
MUSIKOTERAPI telah diciptakan oleh salah satu orang seniman yang berdomisili di Kota Banda Aceh Provinsi Aceh pada tahun 1997 yang pada saat itu suasana Aceh masih dalam keadaan konflik internal yang mengakibatkan kesalahpemahaman yang berkepanjangan dan  pada masa-masa situasi dan kondisi darurat itu masyarakat Aceh khawatir dengan peristiwa yang terjadi diseluruh penjuru wilayah Aceh. Berawal dari ide dan pemikiran yang kritis inilah lahirlah salah satu karya yang diberi nama dengan Musikoterapi oleh seniman yang berasal dari Aceh Besar yaitu Bang Jun. berawal dari karir yang talenta dialah melalui bidang seni  musik terus dikembangkannya karya dengan formula dan inovasi baru untuk tujuan dapat bermanfaat bagi regerasi muda Aceh khususnya dan masyarakat Aceh pada umumnya melalui MUSIKOTERAPI.
Manfaat dari karya seni MUSIKOTERAPI :
1. Dapat mengurangi dampak negatif terhadap pecandu narkoba seperti orang-orang yang sudah kecanduan obat-obatan terlarang
2. Mampu meminimalisir orang -orang yang cacat mental, stress, prustasi dan lain-lainnya yang di akibatkan oleh faktor tekanan-tekanan dari faktor pengaruh lingkungan sekitar
3. Mampu memberi dampak perubahan positif terhadap kestabilan otak dalam proses berfikir yang berlebihan atau memaksakan otak untuk berfikir yang tidak memiliki batasan-batasan pola fikir sehingga dapat menimbulkan sakit jiwa
4. Musikoterapi dapat dan mampu merefleksikan diri orang lain agar kembali stabil melalui proses tahapan untuk penyembuhan penyakit yang dilakukan oleh ahli musik melalui MUSIKOTERAPI.
Maka dari hal manfaat tersebut diatas karya seni MUSIKOTERAPI sangat berguna bagi masyarakat Aceh dan juga dapat berguna untuk semua dan berbagai belahan masyarakat nusantara di Negara Republik Indonesia “RI” untuk meminimalisir dampak-dampak yang ditimbulkan dalam masa-masa sekarang ini seperti hal timbulnya traumatik pembangunan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang mengakibatkan atau menimbulkan bencana sosial dan budaya dalam kehidupan masyarakat.
Nah maka ituuuuuulah dia……..Bang Junirullah atau dengan sebutan kecil Bang Jun memberikan ide dan gagasannya kepada semua lapisan unsur regerasi muda dan masyarakat A, B, C dan D yang tidak dibatasi  oleh faktor ekonomi, sosial dan budaya yang memiliki nilai keberagaman khasanah tersendiri….. dan mengharapkan kepada seluruh pihak yang terkait baik itu dari lapisan unsur regerasi muda dan masyarakat pemerintah maupun swasta Aceh-Indonesia untuk dapat dan mampu bekerjasama secara berkesinambungan dalam menjalin persatuan dan kesatuan bangsa untuk tujuan memberikan bimbingan dan pembinaan yang baik melalui Musikoterapi yang memiliki nilai pola fikir yang sehat, karena pepatah mengatakan didalam tubuh yang sehat terdapat pula jiwa yang sehat.
KAJIAN TEORITIS YANG RELEVAN MELALUI PENCIPTAAN SALAH SATU KARYA DENGAN BERDASARKAN MASALAH. 
Awal bermula pada tahun 1997 saya sangat resah dan gelisah tentang kejadian dan peristiwa yang melanda di Aceh, terutama disekitar lingkungan tempat saya tinggal, pada saat itu kami saya dan teman-teman di aceh tak dapat melakukan aktifitas yang kreatif yang terlalu berlama-lamaan di luar rumah karena masih hebohnya kericuhan misterius yang terjadi di sekitar lingkungan tempat kami tinggal, sehingga saya dan teman-teman seprofesi dibidang seni musik trauma dengan keadaan tersebut dan kami lebih memilih untuk berdiam di dalam rumah, bertahun-tahun keadaan seperti itu dan tak dapat ditolerir dengan pemikiran yang sehat sehingga pada masa-masa itu banyak regenerasi muda Aceh yang kehilangan cara untuk berfikir jernih dengan pola  fikir yang sehat, sehinggan pada masa itu banyak regerasi muda Aceh yang berakhir pada traumatik lingkungan sekitarnya, dan berdampak pada perubahan psikologis regenerasi muda dan masyarakat aceh yang tertekan dan terkekang dengan situasi dan kondisi yang tidak baik terutama hilangnya sikap metal/cacat mental mereka.
Pada masa itu saya tak tahu harus berbuat apa  karena tidak dapat keluar dari rumah di sore hari hanya  dapat pergi kesekolah pada saat pagi sampai dengan siang, dan sepulangnya dari sekolah terus istirahat sejenak untuk melepaskan rasa lelah, dan pada saat jam sore hari hanya dapat belajar dan mengaji dirumah dan tiu terus menerus saya melakukannya sehingga pada saat titik-titik kejenuhan saya timbul yang betul-betul terasa tak nyaman, kebetulan pada saat itu saya meluangkan waktu kejenuhan itu dengan mengisi suasana aman dan nyaman dengan bermain musik  melalui hobi saya yaitu bakat dan minat di bidang seni musik .  Melalui Seni Musik itulah saya terinspirasi untuk mencoba mengembangkan cara-cara bermain instrumen gitar dengan pola harmoni yang sederhana. Pada saat saya pulang sekolah dan sampai dirumah saya beraktifitas seperti biasanya ya….. sepulangnya saya dari sekolah terus istirahat sejenak untuk melepaskan rasa lelah, dan pada saat jam sore hari hanya dapat belajar dan mengaji dirumah. tapi waktu yang luang itu saya tambah dengan bermain musik yang ditemani oleh teman setia saya yaitu gitar akustik dan saya bermain dengan sangat senang tanpa memikirkan peristiwa atau kejadian tragis apalagi…. yang sedang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya dan dengan bermain musik itulah menambah kesibukan dalam diri saya…… sehingga tak terasa waktu terus berjalan dan hari demi hari terus berganti, rutinitas seperti belajar, mengaji dan bermain gitar terus saya lakukan setiap hari, karena saya merasakan dengan bermain gitar saya merasa nyaman dan damai, terlebih lagi pada saat terdengat suara-suara misterius yang terdengar ditelinga seperti suara dentuman -dentuman dari jarak yang berkejauhan, dan dengan kesibukan bermain gitar suara tersebut sudah tidak lagi menjadi hal yang rentan dikuping saya yang menyebabkan rasa takut dan rasa ngeri dari dalam fikiran saya itu terus menjadi pemicu penyebab utama perubahan psikologis dalam diri saya sendiri. Dan pada akhirnya saya dapat tertidur dengan pulas serta semangat beraktifitas untuk keesokan harinya kembali normal disebabkan oleh usaha yang saya lakukan untuk menghilangkan rasa kekhawatiran didalam fikiran saya itu lambat laun  hilang dengan sendirinya, artinya tekanan-tekanan yang terdapat didalam fikiran dan jiwa saya itu dapat terarah dengan stabil melalui kegiatan bermain gitar. jadi berawal dari ide dan gagasan yang kritis itulah lahir karya saya yang berjudul MUSIKOTERAPI KARYA JUNIRULLAH.
Demikian cerita singkat dari karya saya semoga dapat bermanfaat untuk regenerasi muda Aceh dan masyarakat di seluruh nusantara khususnya Aceh-Indonesia RI.
Melalui MUSIKOTERAPI mari kita raih cita-cita dan amanat bangsa dan negara kita.
Salam
Pembuat Karya MUSIKOTERAPI
JUNIRULLAH
———————————————–
ditulis 10 Juli 2010
diterbitkan 07-10-2013
———————————————–

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s